Penjelasan Lo-Ra untuk Pemula

LoRa (Long Range) yakni suatu wujud modulasi yang unik dan memukau yang dihasilkan oleh Semtech. modulasi yang diciptakan mengaplikasikan modulasi FM. Inti pada pemrosesan menciptakan poin frekuensi yang stabil.

sistem transmisi juga dapat mengaplikasikan PSK (Phase Shift Keying), FSK (Frequency Shift Keying) dan lainnya. Skor frekuansi pada LoRa berjenis-jenis-variasi cocok daerahnya, kalau di Asia frekuensi yang diterapkan merupakan 433 MHZ, di Eropa poin frekuensi yang diterapkan merupakan 868 MHZ, padahal di Amerika Utara frekuensi yang diterapkan merupakan 915 MHZ.

Fitur-fitur yang tersedia di LoRa yakni :

  1. Geolocation, fungsi ini memungkinkan kita bisa mendeteksi lokasi eksistensi suatu benda tanpa tarif alias free.
  2. Tarif Rendah, bisa mengurangi tarif dengan 3 sistem : mengurangi tarif infrastruktur, tarif operasional dan sensor-sensor yang memiliki jaringanya sendiri.
  3. Terstandar, dihasilkan supaya bisa berinteraksi den berfungsi dengan produk atau cara lain, sehingga bisa kencang menyesuaikan diri dengan jaringan dan aplikasi IoT.
  4. Tenaga Rendah, dengan konsumsi kekuatan yang diperlukan cuma berkisar dari 13Ma sampai 15Ma. Sehingga baterai bisa bertahan dari 10 higga 20 tahun.
  5. Jarak Jauh, satu unit LoRa bisa memancarkan sampai 100KM.
  6. Aman, Tertanam end-toend enkripsi AES128
  7. Kapasitas Tinggi, Mendorong jutaan pesan per base station, tepat untuk operator jaringan publik yang melayani banyak pelanggan

Pemakaian dari LoRa ini berjenis-jenis variasi dari bermacam bidang, lebih-lebih dibidang IoT, lora diterapkan dalam komunikasi M2M (Machine to Machine), semisal untuk pengembangan Smart City, dengan adanya lora sensor-sensor bisa berinteraksi segera dengan manusia atau mesin di mana saja dan kapan saja. Dalam bidang otomotif kita bisa mengenal status dan lokasi kendaraan kita secara realtime, dlama bidang peternakan, kita bisa mengenal situasi binatang secara real time, dan masih banyak lagi teladan kasus pemakaian dari LoRa

LoRa dengan Microchip RN2483LoRa

dengan Microchip RN2483 pemakaian komunikasi elektronik yang mengaplikasikan frekuensi radio VHF/UHF bi-directional, mulanya dioptimalkan oleh Cycleo, perusahaan perancis yang kemudian diakuisisi oleh Semtech di tahun 2012. Kelebihan dari LoRa ini yakni jangkauan komunikasi yang cukup jauh >=15 km di tempat rural dan suburban dan >=5km di tempat perkotaan dan juga penerapan konsumsi daya yang hemat sehingga baterai lebih awet. Untuk info mengenai LoRa silakan lihat pada link ini.

Sebagian manufaktur chip elektronik mengeluarkan module LoRa, namun untuk peluang ini kita akan khusus membahas modul Microchip RN2483 keluaran dari Microchip. RN2483 amat gampang untuk diintegrasikan dengan MCU atau PC sebab mengaplikasikan interface UART untuk mengirimkan command ke modul ini. Command yang dikirim berupa plain teks (ASCII) yang dikuasai dengan karakter <CR><LF>, demikian itu juga respons dari modul ini dikuasai oleh karakter yang sama. RN2483 ini menyokong protokol LoRaWan Class A, memungkinkan pengiriman data dua arah dengan sistem mengirimkan data (uplink transmission), dan dilanjutkan dengan membuka mode penerimaan data sesaat (downlink transmission). Class ini paling hemat daya sebab cuma mendapatkan data sesudah mengirimkan data, dan jenis waktu pengiriman data dikontrol oleh node LoRa itu sendiri. Class ini juga disokong oleh The Things Network (penyedia jaringan wide zona network berbasis LoRa). Modul ini menyokong dua frekuensi merupakan 433 Mhz (Asia) dan 868 Mhz (Eropa).

Berikut yakni fitur lengkapnya:

  • Mendorong protokol Class A LoRaWan
  • Identifikasi Unik 64 bit (EUI-64)
  • GPIO yang bisa dikonfigurasi
  • Mendorong Intelligent Low-Power Mode dengan On-demand Wake Up
  • Bootloader untuk upgrade firmware
  • Seluruh konfigurasi dan control modul dilaksanakan lewat UART dengan ASCII command
  • Sensitivitas penerima yang tinggi -148 dBm

Modul ini sesuai untuk aplikasi-aplikasi outdoor yang membutuhkan komunikasi jarak jauh seperti Automated Meter Reading, Home/Building Automation, M2M, IoT, Smart Farming, Industrial Monitoring and Controlling.

Rujukan Command dan Spesifikasi rinci RN2483 bisa dipandang pada tautan berikut.
Penulis sendiri telah mengerjakan pengujian dengan mengaplikasikan Gadgeteer Board Raptor dengan custom modul buatan rekan penulis, Justin dari Ingenuity Micro. IO-nya sendiri telah disesuaikan ke dalam socket U pada gadgeteer board sebab mengaplikasikan UART interface, menyokong 3.3 V / 5V power, dan reset switch.

Akhirnya cukup memuaskan, di tempat kota Bogor penulis sukses mengirimkan data dengan lancar dan tak ada data yang sirna dalam jarak kurang lebih 2 Km.

Sebab mengaplikasikan serial UART semestinya konsep yang sama dengan gampang diaplikasikan dengan development board lainnya (Arduino, raspberry, dan sebagainya).